3.17.2009

UNTUKMU WAHAI PARA CALON SUAMI

SIAPA YANG AKAN KAU PILIH
Tidak diragukan lagi, memilih pasangan hidup secara tepat merupakan jalan menuju kebahagiaan.
Dalam musnad Imam Ahmad rahimahullah diriwayatkan dari Sa'ad bin Abi Waqash Radhiyallahu Anhu, ia berkata Rasulullah Shallallhu 'Alaihi Wasllam bersabda :
Tiga perkara yang termasuk kebahagiaan seorang anak adam dan tiga perkara yang termasuk kemalanggannya. Termasuk kebahagiaan seorang bani Adam adalah istri yang shalihah, tempat tinggal yang baik dan kendaraan yang baik. Dan termasuk kemalangan seorang bani Adam adalah istri yang buruk, tempat tinggal yang buruk dan kendaraan yang buruk.

Dalam Shahih Al-Jami' disebutkan dengan lafazh :
"Empat perkara yang termasuk kebahagiaan : Istri yang shalihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik dan kendaraan yang nyaman. Dan empat perkara yang termasuk kemalangan : istri yang buruk, tetangga yang jahat, kendaraan yang jelek dan tempat tinggal yang sempit.
Dalam Shahih Muslim dari hadits Abdullah bin 'Amru Radhiyallahu 'Anhu bahwasanya Rasulullah Shallallhu 'Alaihi Wasallam bersabda :
"Dunia adalah kenikmatan dan sebaik-baik kenikmatan dunia adalah istri yang shalihah
Wanita shalihah pada masa sekarang ini dan dalam setiap masa adalah anugerah yang berharga yang harus kita cari sungguh-sungguh sampai dapat.
Abu Dawud Rahimahullah telah meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu 'Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam terlah berkata kepada 'Umar Radhiyallahu 'Anhu :
Maukah aku beritahu anugerah terbaik yang diusahakan oleh seseorang? Yaitu istri shalihah, apabila suami melihatnya niscaya ia akan membuatnya senang, dan apabila ia menyuruhnya niscaya ia akan mentaatinya dan apabila ia sedang bepergian niscaya ia akan menjaga (diri dan hartanya)
dalam riwayat di Shahih al Jami' berbunyi :
"Hati yang senantiasa bersyukur, lisan yang selalu berdzikir dan istri shalihah akan membantumu dalam melaksanakan urusan dunia dan agamamu adalah sebaik-baik anugerah yang didapat oleh manusia."
Marilah kita mengenali karakteristik wanita shalihah yang apabila Allah Subhanahu wa ta'ala menganugerahkan kepadamu niscaya engkau telah memperoleh anugerah tersebut. kami memohon kepada Allah agar senantiasa memberkahimu.

0 komentar:

Posting Komentar